Panglima TNI dan Kapolri Pimpin Apel Pengamanan VVIP Pelantikan Presiden, Cek Pasukan Naik Rantis

Panglima TNI dan Kapolri Pimpin Apel Pengamanan VVIP Pelantikan Presiden, Cek Pasukan Naik Rantis

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin apel gelar pasukan dalam rangka operasi pengamanan (Opspam) VVIP pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Jumat (18/10/2024) pagi. Pengamatan Kompas.com, apel sekira dilakukan pada pukul 08.00 WIB dimulai dengan Panglima dan Kapolri naik mobil kendaraan taktis (rantis) untuk memeriksa kesiapan pasukan.

Jajaran pasukan dari TNI hingga kepolisian berjejer mengikuti apel tersebut. Baca juga: Relawan dan Masyarakat Bersiap Tumpah Ruah di Jalan Menyambut Pelantikan Prabowo-Gibran Adapun operasi pengamanan tersebut akan dilakukan 7 hari mulai 17 hingga 23 Oktober. Total 100.000 pasukan dari TNI akan dikerahkan saat pelantikan presiden dan wakil presiden tersebut. Waspadai Impor Spesies Ikan Asing Artikel Kompas.id "Kita melaksanakan apel kesiapan dalam rangka pelaksanaan pengamanan pelantikan presiden, personel dari TNI 100.000," ungkap Panglima TNI saat sesi jumpa pers di lokasi. Baca juga: Besok, Jokowi Bakal Beri Tanda Kehormatan Nugraha Sakanti ke 7 Satker Polri Operasi tersebut nantinya dipimpin oleh Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Rachmad Jayadi. Sebanyak 24.200 personel yang tergabung dalam Komando Gabungan Terpadu Pengamanan (Kogabpadpam) dikerahkan untuk operasi pengamanan VVIP. Mereka terdiri dari 10 Satuan Tugas (Satgas) TNI dan pasukan Mabes TNI.

Untuk diketahui, presiden terpilih Prabowo Subianto dan wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka akan dilantik pada 20 Oktober 2024. Pelantikan ini sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 mengenai tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024. Upacara pelantikan dan pengucapan sumpah/janji presiden dan wakil presiden akan dilaksanakan di Gedung MPR/DPR Senayan, Jakarta. Setelahnya, Prabowo-Gibran dijadwalkan menuju Istana Negara Jakarta untuk melangsungkan upacara pisah sambut bersama Jokowi-Maruf Amin.

https://detik.in/2024/10/20/panglima-tni-dan-kapolri-pimpin-apel-pengamanan-vvip-pelantikan-presiden-cek-pasukan-naik-rantis/?feed_id=21935&_unique_id=67144166ae100

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama